HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK
Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll. Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Mengatasi Hama Walang Sangit Pada Tanaman Padi

Walang sangit merupakan serangga yang menjadi hama penting pada tanaman budidaya, terutama padi. Di Indonesia, serangga ini disebut kungkang untuk daerah Sunda, pianggang untuk daerah Sumatera, dan tenang di pulau Madura. Hama ini mudah dikenali dari bentuknya yang memanjang, berukuran kurang lebih  2 cm, berwarna coklat kelabu, dan memiliki "belalai" untuk menghisap cairan tumbuhan. Walang sangit merupakan anggota ordo Hemiptera atau bangsa kepik sejati.

Hama ini menghisap cairan tanaman dari tangkai bunga dan juga cairan buah padi yang masih pada tahap masak susu sehingga menyebabkan tanaman kekurangan hara dan menguning, dan perlahan-lahan melemah kemudian tanaman padi menjadi mati. Hama ini menunjukkan bentuk pertahanan dirinya dengan cara mengeluarkan aroma yang menyengat hidung sehingga diberi nama "sangit". Sebenarnya tidak hanya walang sangit yang mengeluarkan aroma ini, tetapi juga banyak anggota Alydidae lainnya.

Baca Juga : Perlakuan Masa Panen dan Pasca Panen Buah Semangka

Walang sangit merupakan hama yang umum ada pada setiap musim tanam padi. Hama ini bisa merusak bulir padi pada fase pemasakan. Mekanisme merusak Walang sangit adalah dengan menghisap butiran gabah yang sedang mengisi. Apabila diganggu, serangga Walang sangit ini akan mempertahankan diri dengan mengeluarkan bau kurang sedap. Selain sebagai mekanisme pertahanan diri, bau yang dikeluarkan juga digunakan untuk menarik walang sangit lain dari spesies yang sama. Walang sangit bisa merusak tanaman ketika mencapai fase berbunga sampai matang susu buah tanaman padi. Hingga saat ini belum ada varietas padi yang tahan terhadap hama walang sangit.

Berdasarkan cara hidup walang sangit, tanam serempak dalam satu hamparan merupakan cara pengendalian yang sangat dianjurkan. Setelah ada tanaman padi berbunga, walang sangit akan segera pindah dari rumput-rumputan atau tanaman sekitar sawah ke pertanaman padi yang pertama kali berbunga. Sehingga jika pertanaman tidak serempak pertanaman yang berbunga paling awal akan diserang lebih dahulu dan tempat berkembang biak . Pertanaman yang paling lambat tanam akan menbisakan serangan yang relatif lebih berat karena walang sangit sudah berkembang biak pada pertanaman yang berbunga lebih dahulu. Dianjurkan beda tanam dalam satu hamparan tidak lebih dari 2,5 bulan.

Tanaman padi yang terserang hama ini akan mengalami kerusakan berupa beras berubah warna dan mengapur, serta gabah menjadi hampa.
Hama ini bisa dikendalikan melalui beberapa langkah, seperti:
1.    mengendalikan gulma, baik yang ada di sawah maupun yang ada di sekitar pertanaman;
2.    meratakan lahan dengan baik dan memupuk tanaman secara merata agar tanaman tumbuh seragam;
3.    menangkap walang sangit dengan menggunakan jaring sebelum stadia pembungaan;
4.    mengumpan walang sangit dengan ikan yang sudah busuk, claging yang sudah rusak, atau dengan kotoran ayam;
5.    menggunakan insektisida bila diperlukan dan sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari ketika walang sangit berada di kanopi.

Jangan Terlewatkan : Yang Jarang Diketahui Manfaat Beras Hitam, Beras Merah, dan Beras Putih

Salah satu akibat serangan hama serangga Walang sangit ini, beras akan mengalami perubahan warna dan mengapur. Dengan demikian pencegahan yang bisa dilakukan setelah tanaman padi terserang hama walang sangit merupakan bisa menggunakan beberapa jenis insektisida (bila diperlukan) antara lain, yang berbahan aktif seperti :
1.    BPMC dengan nama dagang Bassa, Kiltop, dan Baycard
2.    Fipronil dengan nama dagang Regent
3.    Metolkarb dengan nama dagang Rexal
4.    MIPC dengan nama dagang Mipcin, Mikarb, Dharmacin atau
5.    Propoksur dengan nama dagang Poksindo.
6.    Siflutrin dengan nama dagang Sniper 50 EC.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Hama Walang Sangit Pada Tanaman Padi"

Posting Komentar