HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK
Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll. Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Padi Dengan Cara Optimal | Karung Beras

Jual Karung Beras Harga Murah - Lim Corporation

Tanaman Padi merupakan jenis tanaman pangan yang mempunyai peran penting sebagai tanaman pangan di dunia. Padi sebagai penghasil beras ini tergolong jenis tanaman rumput - rumputan. Semakin meningkatnya permintaan beras membuat begitu penting peran budidaya tanaman padi, terutama di Indonesia. Indonesia termasuk negara dengan makanan pokok dan pengonsumsi beras terbesar. Salah satu tantangan yang muncul dalam budidaya padi yaitu menurunnya produktivitas lahan yang disebabkan penerapan cara budidaya yang tidak memperhatikan keadaan faktor lingkungan dan tidak bersifat berkelanjutan.

Penggunaan lahan secara terus menerus bisa menjadikan penurunan fungsi lahan dalam penyediaan berbagai unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Terdapat banyak cara untuk meningkatkan produktivitas lahan. Namun penerapan budidaya yang baik dan benar menjadi syarat pokok untuk meningkatkan produktivitas tanaman, terutama padi.


Benih Berkualitas

Kualitas benih merupakan kunci keberhasilan dalam budidaya tanaman padi. Benih yang berkualitas mampu untuk beradaptasi, memiliki pertumbuhan yang cepat serta seragam, tumbuh lebih cepat, dan tinggi nilai produktivitasnya. Pemilihan benih yang berkualitas dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan cara merendam benih dalam larutan garam dengan menggunakan indikator telur. Letakkan telur di dasar air dan masukkan garam sampai telur terangkat di permukaan. Selanjutnya ambil telur dan masukkan benih padi. Benih padi yang mengambang dibuang.

Persemaian

Persemaian benih bisa dilakukan 25 hari sebelum masa tanam. Tempat untuk persemaian diusahakan tidak terlalu jauh dari lahan untuk menjaga kesegaran waktu proses pemindahan. Yang paling penting diperhatikan adalah drainase harus baik agar benih tidak kelebihan air. Lahan dibuat bedengan dan dicangkul sampai tidak ada bongkahan tanah lagi. Benih padi sebaiknya direndam sebelum ditanam selama 2 x 24 jam agar mampu menyerap air dengan maksimal untuk proses awal perkecambahan. Sebelum lahan disemai beri sedikit pupuk organik untuk persediaan hara. Benih yang sudah mulai berkecambah ditebar secara merata, tetapi jangan sampai terbenam karena bisa menyebabkan infeksi patogen pada bibit. selanjutnya beri pupuk organik kembali setelah persemaian berumur 1 minggu.


Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan bertujuan untuk mengubah sifat fisik tanah agar lapisan yang semula keras dapat menjadi datar dan melumpur. Hal ini akan dapat membuat gulma mati dan membusuk menjadi humus, aerasi tanah menjadi baik, lapisan bawah tanah jadi jenuh air yang dapat menghemat air. Dua minggu sebelum melakukan pengolahan lahan sebaiknya diberikan bahan organik berupa pupuk kandang 2 ton/ha dan kompos jerami 5 ton/ha secara merata di atas lahan. Pengolahan lahan dapat dilakukan dengan 2 kali bajak dan 1 kali garu untuk mendapat hasil olahan yang optimal.

Penanaman

Terdapat berbagai cara penanaman padi, namun lebih disarankan dengan cara tanam jajar legowo 2 : 1 (40 x (20 x 10) cm. Cara tanam ini akan memberikan jumlah populasi yang banyak dengan produksi lebih tinggi atau bagus dibanding dengan cara konvensional pada umumnya. Selain itu kelebihan cara tanam ini yaitu memudahkan perawatan, mudah mengatur keluar masuknya air karena ada ruang kosong, menekan serangan hama dan penyakit karena cenderung lebih terang, serta menghemat biaya pemupukan.

Pemeliharaan

Tahap pemeliharaan terdiri dari Penyiangan, Pengairan, Pemupukan dan Pengendalian Hama. Penyiangan adalah mengendalikan gulma yang tumbuh untuk mengurangi tingkat kompetisi dengan padi. Pengairan adalah memenuhi kebutuhan air padi baik dari segi kuantitas maupun kualitas, apabila kekurangan dapat dilakukan irigasi dan jika kelebihan bisa membuat drainase. Pemupukan adalah tahap pemeliharaan yang paling penting, yaitu pemberian unsur hara baik makro maupun mikro untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman. Pemupukan harus dilakukan dengan seimbang dan yang paling penting adalah disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan ketersediaan hara yang ada dalam tanah. Pengendalian hama dan penyakit juga penting untuk mendapatkan hasil yang optimal. Pengendalian harus dilakukan secara alami dan berkelanjutan sesuai dengan hama dan penyakit yang sedang dihadapi.



Panen

Panen dapat dilakukan ketika bulir padi hampir keseluruhan telah menguning yang biasanya 33-36 hari setelah padi berbunga. Cara panen dapat dilakukan secara manual menggunakan sabit dengan memotong pangkal batang dan juga bisa dengan mesin reaper harvester untuk menghemat waktu. Panen harus dilakukan serentak dalam satu lahan untuk mengurangi risiko diserang hama.

Pasca Panen

Merupakan tahapan dalam menentukan kualitas yang akan dijadikan beras yang siap konsumsi. Tahap penyimpanan hasil panen juga merupakan unsur penting agar kualitas dapat tetap terjaga, seperti menempatkan hasil panen ditempat yang tidak terlalu lembab dan segera untuk diolah.


Karung Beras 4

Info selengkapnya mengenai harga Karung Beras klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Karung Beras untuk pengemasan produk beras hasil panen dengan harga murah atau untuk lainnya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service : 
Telp : 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan


– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Padi Dengan Cara Optimal | Karung Beras"

Posting Komentar