DESKRIBSI

Jual Karung Beras, Karung Laminasi, Jual Karung Beras, Jual Karung Laminasi, harga Karung Beras, Harga Karung Laminasi, Ukuran Karung Beras, Ukuran Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Daur Ulang, Karung Warna Cream, Karung Warna Kuning, Karung Gabah, Pabrik Karung Beras | Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Phone/Fax: 031-8830487 | Email: limcorporation2009@gmail.com

Ini Dia Manfaat Sekam Padi Atau Limbah Penggilingan Padi Untuk Kesuburan Tanah


Beras yaitu jenis makanan pokok bagi orang Indonesia, dengan menurunnya kualitas padi bisa sangat berpengaruh sekali pada kulitas beras yang dikonsumsi sehingga harga beras pun ikut berpengaruh juga. Metode dengan media tanam sekam padi sudah mulai banyak dikerjakan untuk memanfaatkan limbah padi supaya tak terbuang percuma tetapi memberi manfaat juga untuk lingkungan.

Sekam padi yaitu limbah yang dihasilkan dari bekas penggilingan beras, sekam padi tersebut sudah melalui proses pembakaran terlebih dulu. Sekam padi ini akhirnya mempunyai manfaat yang sangat berguna sekali dalam bidang pertanian ataupun industri serta para petani pun sering memakai sekam padi tersebut untuk proses penggemburan tanah.

Manfaat Media Tanam Sekam Padi

1 .Sebagai Penangkal Kucing Yang Mengganggu

Umumnya kucing seringkali bermain di halaman rumah ataupun di kebun rumah kita sehingga mengganggu atau merusak tanaman yang sudah kita tanam. Dan yang lebih parahnya lagi kucing tersebut seringkali buang air besar di kebun kita. Untuk mengatasi ini anda cukup menaburkan sekam padi yang cukup tebal di tanah dan sekitar tanaman. Ternyata kucing tak mau bermain ataupun buang air di situ karena bentuk sekam yang tajam membuat kucing takut dan tak betah.

2. Untuk Memperindah Kebun Dengan Mulsa

Mulsa yaitu pelindung tanah yang umumnya diletakkan di sekeliling tanaman, mulsa bisa terbuat dari jerami, kertas koran, serta plastik. Manfaat mulsa yaitu untuk menjaga kelembapan tanah, menghambat adanya gulma, serta disukai oleh makhluk renik yang ada di dalam tanah. Pemakaian sekam sebagai mulsa membuat kebun dan tanaman Anda menjadi lebih indah serta rapi.

3. Sebagai Penangkal Bekicot

Bekicot seringkali menjadi musuh tanaman muda, muncul di malam hari kemudian memakan tanaman yang masih muda. Untuk mengatasi bekicot yang mengganggu sebarkan sekam di tanaman anda, dijamin para bekicot itu tak akan berani mendekat. Karena bekicot mempunyai perut yang lunak sehingga tak akan sanggup melewati sekam yang cukup tajam.

4. Sekam Bakar Berguna Untuk Media Tanam

Anda bisa memakai sekam bakar sebagai media taman, caranya bakar dulu sekam tersebut. Bisa dibakar sebagian ataupun dibakar seluruhnya, kemudian campurkan sekam itu dengan tanah dan kompos, sesudah dibakar barulah bisa dipakai sebagai media tanam. Keuntungan memakai sekam bakar ini yaitu banyaknya unsur hara pada tanaman dan meringankan mobilitas pot tanaman.

Baca Juga :



5. Meningkatkan Struktur Tanah

Campurkanlah sekam padi dengan media tanam contohnya pot ataupun polybag maka tanah anda akan gembur serta poros. Tanaman menyukai jenis tanah yang seperti itu, akarnya pun banyak dan merambat ke berbagai arah.

Manfaat Sekam Bakar Bagi Media Tanam

  • Sebagai pengikat unsur hara pada tanaman.
  • Bisa memperbaiki tingkat keasaman tanah.
  • Kandungan silika yang ada pada sekam bakar akan memperkuat daun sehingga daun menjadi lebih tegak.
  • Memperkuat tanaman serta mendorong perkembangan sel-sel pada tanaman.
  • Tempat hidup yang baik bagi jasad renik ataupun mikroba yang sangat bermanfaat.
  • Sekam padi berguna untuk menggemburkan tanah sehingga membuat akar tanaman menyerap unsur hara yang diperlukan oleh tanaman. 
  • Untuk jenis tanaman hias ada 2 jenis sekam padi bakar yang bisa dipakai yaitu yang hangus sebanyak 50% untuk media tanam atau dicampur dan yang kedua yaitu yang hangus 100% baik untuk media tanam ataupun dicampur.


Sebetulnya semua jenis tanaman bisa tumbuh dengan baik dengan sekam bakar dengan keuntungan serta manfaatnya yang banyak. Tetapi memang harganya lebih mahal karena proses pembuatannya memakan banyak waktu dan memerlukan banyak bahan bakar. Sekam bakar juga bisa menjadi bahan organik serta kompos yang baik untuk tanah.

Bahkan, yang lebih menarik lagi, tanaman masih bisa hidup tanpa tanah tetapi masih bisa hidup di atas sekam bakar ataupun abu sekam. Hal itu dikarenakan adanya kandungan unsur hara yang baik bagi tanaman pada sekam bakar tersebut. Walaupun seperti itu, kandungan unsur hara dalam media tanam sekam padi ini sebaiknya tetap harus dicampur dengan pupuk buatan supaya nutrisinya semakin meningkat. Tentunya penambahan dengan pupuk buatan juga harus disesuaikan dengan hal-hal lainnya.


Jika Anda membutuhkan Karung Beras untuk pengemasan ketika pasca panen padi atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Manfaat Sekam Padi Atau Limbah Penggilingan Padi Untuk Kesuburan Tanah"

Posting Komentar