DESKRIBSI

Jual Karung Beras, Karung Laminasi, Jual Karung Beras, Jual Karung Laminasi, harga Karung Beras, Harga Karung Laminasi, Ukuran Karung Beras, Ukuran Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Daur Ulang, Karung Warna Cream, Karung Warna Kuning, Karung Gabah, Pabrik Karung Beras | Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Phone/Fax: 031-8830487 | Email: limcorporation2009@gmail.com

Manfaat Sorgum untuk Kesehatan, Pengganti Nasi yang Kaya Manfaat

Sorgum

Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal salah satu makanan pokok pengganti nasi bernama sorgum atau cantel (gandrung). Padahal, bahan pangan yang satu ini bisa dijadikan sebagai pengganti nasi yang kaya akan nutrisi. Sorgum mengandung nutrisi yang tak kalah melimpah dari makanan pokok sumber karbohidrat lain. Bahkan, dibandingkan dengan nasi, sorgum diklaim jauh lebih unggul dalam hal nilai gizi. Departemen Kesehatan RI mencatat di data bahwa kandungan yang ada pada sorgum seperti kalsium, protein, zat besi, fosfor, dan juga vitamin B ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan beras atau nasi.

Baca Juga:

Sorgum merupakan tanaman sejenis rumput-rumputan yang masih satu keluarga dengan jagung, padi dan gandum. Biji pada tanaman sorgum mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga biji sorgum dapat dimanfaatkan sebagai makanan pokok. Walaupun demikian, sebagian besar produksi sorgum digunakan sebagai bahan pakan ternak. Namun, sorgum merupakan salah satu tanaman yang banyak mempunyai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Penasaran dengan beberapa manfaat yang ada pada sorgum?. Berikut kami sajikan mengenai manfaat sorgum bagi kesehatan.

1. Kesehatan jantung

Jumlah serat yang terdapat pada sorgum akan membantu tubuh untuk membasmi kolesterol berbahaya pada tubuh, sehingga akan meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi tubuh dari kondisi seperti serangan jantung dan stroke.

2. Kesehatan pencernaan

Selain untuk kesehatan jantung, kandungan serat yang ada pada sorgum dapat meningkatkan sistem pencernaan. Satu porsi tunggal sorgum mengandung 48% serat yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal berfungsi agar saluran pencernaan akan menyimpan makanan dan mencernanya lebih cepat, sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit pencernaan seperti kembung, sakit perut, diare dan sembelit.

3. Kesehatan tulang

Kandungan magnesium pada sorgum dapat meningkatkan penyerapan kalsium yang ada didalam tubuh. Mineral ini juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan tulang dan mempercepat regenerasi tulang yang rusak atau pengeroposan. Sorgum dapat mengatasi berbagai macam penyakit tulang seperti osteoporosis dan arthiritis.

4. Menghambat kanker

Sebuah studi menyatakan bahwa jika rutin mengonsumsi sorgum dalam jumlah yang dianjurkan dapat menurunkan resiko terkena kanker. Fitokimia yang ada pada sorgum mempunyai sifat menghambat sel kanker, terutama kanker kulit dan saluran pencernaan.

5. Meningkatkan energi

Bagi Anda yang mempunyai aktivitas yang cukup padat, Anda bisa menjadikan sorgum sebagai pilihan sarapan. Karena, sorgum mengandung senyawa vitamin B6. vitamin B6 berfungsi untuk membantu mengubah makanan menjadi energi untuk tubuh. 

6. Mengontrol gula darah

Gula darah yang tinggi adalah salah satu masalah yang seringkali timbul pada orang yang sudah berusia lanjut. gula darah yang tinggi dapat diatasi dengan cara mengonsumsi sorgum secara rutin, karena setiap sorgum yang masuk pada tubuh akan dicerna dengan lambat, sehingga dapat mendorong peningkatan gula darah secara bertahap.

7. Mengontrol diabetes

Selain bisa mengontrol gula darah, sorgum juga dapat mengontrol diabetes dengan enzim yang dimilikinya. kandungan enzim pada sorgum dapat menghambat penyerapan pati oleh tubuh. Selain itu, enzim pada sorgum juga mempunyai peran untuk mengatur insulin dan mengatur glukosa dalam tubuh. oleh karena itu, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi sorgum karena dapat mencegah shock diabetes.

Nah, kira-kira setelah membaca artikel ini Anda akan tertarik untuk mencoba sorgum sebagai pengganti nasi?. itu dia beberapa manfaat dari sorgum untuk kesehatan. semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi banyak orang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Manfaat Sorgum untuk Kesehatan, Pengganti Nasi yang Kaya Manfaat"

Posting Komentar