DESKRIBSI

Jual Karung Beras, Karung Laminasi, Jual Karung Beras, Jual Karung Laminasi, harga Karung Beras, Harga Karung Laminasi, Ukuran Karung Beras, Ukuran Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Daur Ulang, Karung Warna Cream, Karung Warna Kuning, Karung Gabah, Pabrik Karung Beras | Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Phone/Fax: 031-8830487 | Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengenal 6 Jenis Hutan yang Ada di Indonesia, Jadi Paru-Paru Dunia!

Hutan

Hutan merupakan sebutan untuk wilayah yang didominasi oleh pohon, semak, rumput, dan lain sebagainya. Di dalam hutan ada banyak sekali jenis flora dan fauna yang mempunyai peranan penting bagi kelangsungan ekosistem dan makhluk hidup

Selain itu, hutan mempunyai banyak fungsi seperti menjadi habitat hewan, modulator arus hidrologika, dan pelestari tanah, dan yang paling penting menjadi penyumbang penghasil oksigen.

Baca Juga:

Di Indonesia sendiri ada banyak hutan yang tersebar luas di beberapa wilayah. Tak heran jika Indonesia disebut sebagai salah satu negara yang menjadi paru-paru dunia. Setiap hutan memiliki jenis dan karakteristik yang berbeda-beda tergantung dengan kondisi lingkungan sekitar.

Agar lebih paham, yuk kenali beberapa jenis hutan di Indonesia, simak dibawah.

1. Hutan Rawa

Hutan Rawa

Hutan rawa merupakan hutan yang berada di wilayah rawa-rawa yang didalamnya terdapat banyak jenis tumbuhan seperti ketapang, pandan, beluntas, dan lainnya. Hutan ini biasanya digenangi oleh air yang membentuk rawa. Di hutan rawa terdapat lapisan tanah berupa gambut. Tanaman yang tumbuh di hutan rawa biasanya berukuran kecil dan akarnya tidak kuat karena tumbuh di tanah gambut.

2. Hutan Bakau

Hutan Bakau

Jenis hutan yang satu ini dapat dengan mudah Anda jumpai di pantai-pantai lantai dan berlumpur yang terkena pasang surut. Hutan bakau mempunyai banyak manfaat seperti sebagai tempat hidup ikan, mencegah abrasi air laut, sebagai tempat tinggal burung laut, memecah/menahan ombak. 

Selain itu, karena pemandangannya yang cukup bagus, hutan ini seringkali digunakan sebagai tempat wisata.

3. Hutan Hujan Tropis

Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis merupakan hutan yang tumbuh di sekitar garis khatulistiwa, kurang lebih pada lintang 0 derajat hingga 10 derajat ke utara dan selatan yang mempunyai suhu udara dan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun seperti Indonesia. 

Banyak jenis-jenis hewan yang hidup di sela pohon-pohon hutan. Selain itu, tumbuhan yang hidup di dalam hutan hujan tropis seperti tanaman kecil, tanaman rempah, rerumputan sangat banyak jenisnya.

4. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove

Hutan mangrove merupakan jenis hutan yang ada di kawasan pasang surut seperti daerah pantai yang terlindungi. Didalamnya terdapat banyak pohon bakau, nipah, pandan, dan rerumputan.

Banyaknya populasi flora dan fauna yang ada didalamnya dipengaruhi oleh faktor habitat seperti pasang surut, serta salinitas terkait pasokan air tawar.

5. Hutan Sabana

Hutan Sabana

Jenis hutan yang selanjutnya yakni hutan sabana. Hutan sabana merupakan padang rumput yang ada pepohonan dan semak belukar. Hutan sabana bisa Anda temui di wilayah Nusa Tenggara.

Banyak orang mengatakan bahwa hutan sabana merupakan hutan yang mempunyai kekayayaan vegetasi yang tinggi seperti tanaman ataupun satwa yang tinggal di dalamnya. Hal tersebut bisa terjadi karena hutan sabana sangat cocok untuk tempat flora dan fauna.

6. Hutan Musim

Hutan Musim

Sesuai dengan namanya, jenis hutan yang satu ini akan mempunyai perbedaan kondisi ketika berganti musim. Di musim hujan tanaman yang ada didalam hutan ini akan tumbuh lebat. Sedangkan di musim kemarau jenis hutan ini akan meranggas.

Anda dapat menemui hutan musim di daerah dataran tinggi ataupun dataran rendah. Tanaman yang tumbuh tidak terlalu tinggi, serta jarak antara tanam cenderung lebih rapi dibandingkan jenis hutan yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal 6 Jenis Hutan yang Ada di Indonesia, Jadi Paru-Paru Dunia!"

Posting Komentar