DESKRIBSI

Jual Karung Beras, Karung Laminasi, Jual Karung Beras, Jual Karung Laminasi, harga Karung Beras, Harga Karung Laminasi, Ukuran Karung Beras, Ukuran Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Daur Ulang, Karung Warna Cream, Karung Warna Kuning, Karung Gabah, Pabrik Karung Beras | Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Phone/Fax: 031-8830487 | Email: limcorporation2009@gmail.com

Tak Perlu Repot, Begini Cara Mudah Membuat Pestisida Bubur California

Bubur California

Bubur california adalah sebutan pestisida buatan yang sangat efektif dalam mengendalikan berbagai jenis hama dan penyakit tanaman, khususnya tanaman jeruk. Pestisida buatan jenis ini sangat efektif dalam mengatasi gangguan tanaman yang diakibatkan oleh cendawan atau jamur dan jenis-jenis tertentu dari golongan akarina. Selain itu, bubur california juga bisa mengatasi hama tungau yang menyerang daun dan buah tanaman.

Baca Juga:

Bahan baku dalam pembuatan bubur california sangat mudah didapat dan cara pembuatannya pun sangat sederhana. Sebelum membuat, pastikan bahwa bahan-bahan dan alat sudah disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan dan alat yang harus Anda siapkan.

Pembuatan Bubur California

Bahan-bahan:

  • 1 kg belerang
  • 2 kg kapur tohor/gamping
  • 10 liter air

Alat-alat:

  • Baskom.
  • Kaleng cat.
  • Kompor/Tungku kayu.
  • Kayu sebagai pengaduk.
  • Botol/Jerigen sebagai wadah.

Cara Membuat

  1. Cairkan terlebih dahulu kapur di dalam baskom menggunakan air sebanyak 5 liter.
  2. Selanjutnya, tumbuk belerang sampai benar-benar halus hingga seperti tepung.
  3. Masukkan air 5 liter ke dalam kaleng lalu panaskan di atas kompor sampai hangat.
  4. Setelah air sudah dalam keadaan hangat, masukkan belerang dan kapur yang sudah dilarutkan menggunakan air ke dalam baskom untuk dipanaskan.
  5. Selama proses pemanasan campuran belerang dan kapur, aduk menggunakan pengaduk kayu agar tidak mengendap.
  6. Tunggu hingga mendidih hingga warnanya berubah menjadi hampir kemerahan layaknya teh.
  7. Setelah terlihat perubahan warna, campur belerang dan kapur tersebut lalu dinginkan selama 24 jam agar terjadi endapan dan didapatkan cairan bening berwarna kemerahan seperti teh pada bagian atas.
  8. Masukkan cairan yang berada di bagian atas yang berwarna merah seperti teh tersebut ke dalam jerigen/botol yang sudah Anda siapkan. Pastikan bahwa tidak tercampur dengan bagian kasar endapan tersebut.
  9. Ekstrak bubur california siap untuk diaplikasikan sebagai fungisida.

Cara Pengaplikasian Bubur California

Anda bisa mengaplikasikan bubur california yang sudah Anda buat menggunakan 2 cara yakni:

1. Penyaputan batang utama dan cabang

Penyaputan bagian tanaman harus dibersihkan terlebih dahulu dengan cara disikat. Botol bubr california dikocok terlebih dahulu dengan tujuan agar endapan yang ada dibawah bisa bercampur dengan air dan langsung dilakukan penyaputan.

2. Penyemprotan

Penyemprotan dilakukan dengan mencapur larutan yang jernih dengan air bersih dengan dosis sekitar 70-100 ml/L. Untuk satu buah tangki solo bisa dicampur dengan satu gelas bubur california. Semprotkan secara merata ke daun tanaman.

Perlu diketahui bahwa bubur california yang sudah selesai dibuat kemudian dibiarkan sampai dingin akan terjadi pengendapan. Larutan yang mengendap digunakan untuk penyaputan, sedangkan larutan yang diatas yang jernih digunakan untuk bahan penyemprotan.

Waktu yang tepat untuk mengaplikasian bubur california adalah dalam setahun 2x yakni pada awal dan akhir musim-musim penghujan. Selain untuk mengobati tanaman yang terserang penyakit dan hama, bubur california juga bisa mencegah serangan diplodia.

Cukup sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan banyak pengetahuan dan menambah wawasan kepada banyak orang. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tak Perlu Repot, Begini Cara Mudah Membuat Pestisida Bubur California"

Posting Komentar