DESKRIBSI

Jual Karung Beras, Karung Laminasi, Jual Karung Beras, Jual Karung Laminasi, harga Karung Beras, Harga Karung Laminasi, Ukuran Karung Beras, Ukuran Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Daur Ulang, Karung Warna Cream, Karung Warna Kuning, Karung Gabah, Pabrik Karung Beras | Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Phone/Fax: 031-8830487 | Email: limcorporation2009@gmail.com

7 Cara Menghilangkan Kutu Beras, Mudah & Sederhana

Kutu beras

Kumbang beras atau yang banyak dikenal dengan sebutan kutu beras merupakan serangga kecil anggota marga Tenebrio dan Tribolium yang dikenal gemar menghinggapi biji-bijian atau serelia yang disimpan. Kutu beras sangat merugikan dan cukup sulit untuk dikendalikan jika telah menyerang.

Baca Juga:

Pada umumnya, kutu beras bisa Anda temui pada paket beras saat Anda membelinya. Hal ini wajar, sebab serangga bertelur dalam tanaman, dan saat beras dipanen, telur kutu beras akan menetas di dalam kemasan beras. Pada dasarnya mereka sulit untuk dilihat secara langsung. Namun, setelah beberapa waktu, telur akan menetas dan Anda bisa melihat serangganya.

Serangga tersebut dapat Anda hilangkan dengan mudah dan sederhana. Berikut adalah 7 cara menghilangkan kutu beras dengan mudah dan sederhana. Yuk simak selengkapnya dibawah.

1. Menjemur Beras

Cara ini cukup mudah dan tidak memerlukan bahan/alat apapun. Anda cukup menjemur beras yang terkena kutu dibawah cahaya matahari. Kutu beras sangat tidak suka dengan cahaya matahari, paparan panas dari cahaya matahari pada waktu yang lama akan membuat kutu beras pergi.

Caranya, Anda cukup meletakkan beras pada wadah terbuka, lalu menjemurnya dibawah cahaya matahari selama beberapa jam untuk mengusir kutu beras.

2. Menutup Beras dengan Kain Basah

Selain tidak menyukai paparan sinar matahari, kutu beras juga tidak menyukai tempat yang lembab dan basah sehinga cara ini cukup efektif untuk menghilangkan kutu pada beras. Tutuplah tempat penyimpanan beras Anda menggunakan kain yang sudah dibasahi selama kurang lebih 30 menit hingga semua kutu menempel pada kain tersebut.

3. Daun Salam

Sebuah penelitian menemukan bahwa, daun salam bisa digunakan sebagai pengusir serangga alami untuk membasmi kutu beras. Daun ini bisa Anda temukan dengan mudah dan murah di pasar atau supermarket.

Untuk cara pemakaiannya, letakkan langsung di dapur atau lemari dapur. Anda juga bisa menaruhnya di laci sebagai cara menghilangkan kutu beras secara alami.

4. Bawang Putih

Bawang putih memiliki aroma yang sangat menyengat, aroma tersebut sangat tidak disukai oleh kutu beras. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan bawang putih sebagai pengusir kutu beras alami.

Caranya, letakkan beberapa potongan bawang putih yang segar di sekitar beras dan biarkan baunya menguap. Tak hanya menghilangkan kutu beras, Anda juga bisa mengusir berbagai serangga lainnya, seperti laba-laba, kaki seribu, dan lipan.

5. Menyimpan Beras di Freezer

Cara ini mungkin terlihat aneh, namun cara yang satu ini bisa Anda coba untuk mengusir kutu beras. Simpan beras yang berkutu di dalam lemari es atau freezer. Pastikan beras yang disimpan di lemari es atau freezer merupakan beras yang akan dimasak untuk membuat nasi.

Biarkan di dalam kulkas selama 3 harian. Menyimpan beras yang ada di dalam lemari es juga bisa menghindari kutu yang bersarang di butiran beras. Selain lebih aman, cara yang satu ini tidak membuat kualitas beras menurun atau mempengaruhi bau beras.

6. Kotak Korek Api

Kotak korek api memiliki belerang yang beraroma, aroma tersebut membuat kutu beras merasa terganggu jika ada didekatnya. Letakkan satu kotak korek api di sekitar beras Anda untuk membiarkan kutu keluar sendirinya dari tempat beras.

7. Air Sabun

Anda bisa membuat air sabun untuk mengusir kutu beras. Cara pembuatannya, cukup campurkan 1 gelas air dengan 8-12 tetes sabun cuci piring, lalu aduk dan masukkan ke dalam botol semprot.

Semprotkan larutan tersebut ke kutu beras yang Anda temui. Anda juga bisa mengunakannya untuk membersihkan produk lain yang dihinggapi hama seperti kumbang, larva, telur kutu beras.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Menghilangkan Kutu Beras, Mudah & Sederhana"

Posting Komentar